Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Apa Itu SEO dan Manfaatnya Apa

Sebelumnya Genara Code sudah membahas tentang Apa itu SEM dan Manfaatnya, Jika Anda belum membaca postingan sebelumnya, silahkan anda baca-baca yah..!! Baiklah kita kembali ke pembahasa Apa itu SEO dan Manfaatnya apa?

Jika Anda baru atau pemula terjun kedunia interner atau dunia digital maka Anda harus banyak belajar dan membaca agar supaya Anda tidak salah melangkah.
Seperti yang Genara Code sebutkan pada postingan sebelumnya, bahwa SEM dan SEO itu adalah strategi yang saling berhubungan, Mengapa bisa begitu? Faktanya Anda harus tahu, bahwa Cara kerja SEM dan SEO tidak bisa dibedakan secara definisi dan fungsi. Karena itu SEM dan SEO seperti kaka beradik.
Apa Itu SEO?
SEO adalah singkatan dari Search Engine Optimization atau bisa juga di katakan Pengoptimalan pada mesin pencarian, agar ketika pengunjung memasukan kata kunci pada kolom pencarian Google, Bing, Yahoo dan mesin pencari lainnya, maka halaman website atau bisnis dan produk anda muncul pada halaman utama atau PageOne.

Ada beberapa Teknik SEO yang bisa digunakan untuk website Anda. Jika website Anda bisa muncul di halaman pertama hasil pencarian Google, visibility Anda akan meningkat. Ini berarti traffic Anda akan bertambah, conversion rate Anda juga akan meningkat, dan akhirnya membantu Anda untuk mendapat lebih banyak revenue.

Berikut Teknik SEO yang bisa Anda Pelajari dan Pergunakan:



1. Seo Audit

Pemeriksaan Hasil
  • SEO audit akan membantu Anda untuk mengetahui mengapa website Anda tidak mendapat traffic dan mungkin sales yang cukup. Banyak perusahaan SEO menawarkan layanan ini, tetapi Anda bisa menghemat budget dengan melakukannya sendiri.
    Secara general, auditing sendiri adalah sebuah pemeriksaan hasil, konsep, atau keuangan yang dilakukan untuk mengetahui bagaimana keadaan bisnis Anda saat ini dan langkah apa yang harus Anda ambil selanjutnya. Di dunia SEO, auditing dapat membantu Anda menyusun strategi untuk menarik dan mempertahankan konsumen.

  • Berikut adalah hal-hal yang harus Anda perhatikan selama Anda melakukan audit SEO:
    1. Pastikan bahwa semua halaman website Anda memiliki meta title dan descriptions.
    2. Apakah semua halaman website Anda sudah memiliki keywords yang dioptimasi untuk SEO? Perhatikan apakah terjadi keyword stuffing di halaman-halaman website Anda.
    3. Sudahkah struktur URL Anda dioptimasi agar mudah ditemukan oleh search engines? URL Anda sebaiknya dibuat simple, pendek, dan mudah bagi search engines untuk mengerti apa isi halaman website tersebut.
    4. Apakah setiap halaman website Anda sudah disusun secara benar? Penyusunan yang benar untuk SEO sebaiknya memiliki hal-hal di bawah ini:
    • Menggunakan headings dan subheadings (H1 dan H2) untuk memisahkan isi konten
    • Menggunakan 2-3 kalimat untuk setiap paragraf
    • Gunakan bold dan italics untuk menandai poin-poin penting
    • Menggunakan kata-kata call-to-action
    Menurut sebuah penelitian oleh HubSpot, 43% dari pembaca blog hanya membaca isi konten secara sepintas dan tidak membaca keseluruhan isi blog. Hal-hal di atas dapat membantu memudahkan pembaca mengerti apa isi konten Anda.

    2. Pelajari Audience Website Anda

    Memahami Pengunjung
  • Anda perlu fokus dengan apa yang pengunjung website Anda inginkan.
  • Dengan mengerti apa yang mereka cari, Anda akan lebih mudah dalam mengembangkan isi konten website Anda untuk menarik perhatian pengunjung dan mempertahankan konsumen Anda.
  • Opini konsumen Anda memiliki kemampuan untuk memengaruhi ide, artikel, produk, dan konsep yang Anda terapkan di website Anda.
  • Strategi ini memang terdengar simple, tetapi sering dilupakan oleh para pemilik website
  • Lalu bagaimana Anda mendapatkan data yang relevan mengenai apa yang pengunjung website Anda inginkan?

    Gunakan website seperti Quora dan UberSuggest
    Dengan Quora, Anda bisa melihat pertanyaan apa yang banyak ditanyakan orang-orang. Jika Anda bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan ini, Anda bisa membuat konten berdasarkan hasil penemuan Anda. Quora juga bisa digunakan untuk melihat jawaban-jawaban expert lainnya dan Anda bisa menggunakan jawaban mereka sebagai dasar dari blog post Anda selanjutnya.

    Sementara itu, UberSuggest akan membantu Anda untuk menemukan long-tail keyword yang sering dicari orang-orang melalui search engines. Ini bisa membantu Anda karena hasil yang ditunjukkan oleh tool ini adalah hal-hal yang memang dicari oleh orang-orang di luar sana.

    Manfaatkan Google Analytics
    Page view memang penting, tetapi perhatikan juga rata-rata waktu kunjungan halaman. Semakin tinggi rata-ratanya, semakin bagus. Jika waktu kunjungan hanya di bawah satu menit, kemungkinan besar mereka tidak membaca artikel Anda secara menyeluruh. Selain itu, lihat juga bounce rate dan exit percentage.
    Bounce rate memberi tahu Anda berapa banyak orang yang mengunjungi halaman ini tetapi tidak mengunjungi halaman lainnya di website Anda. Sementara itu exit percentage memberi tahu berapa persen pengunjung meninggalkan website Anda setelah mengunjungi website Anda.
    Lihat post mana yang memiliki shares paling tinggi
    Untuk melakukan ini, Anda bisa menggunakan tool BuzzSumo. Mereka akan memberi tahu Anda konten mana yang paling populer dengan mengurutkan konten Anda mulai dari post yang memiliki shares paling tinggi.
    Baca komentar yang ditinggalkan pengunjung di blog post Anda
    Jika ada topik atau isu yang banyak mereka tanyakan di kolom komen website Anda, buat konten berdasarkan komen-komen tersebut.

    Tidak membutuhkan biaya terlalu tinggi
  • Ya, SEM memang mengharuskan Anda untuk membayar iklan agar bisa terpasang di hasil pencarian Google atau mesin pencarian online lain.
    Namun, jumlahnya relatif terjangkau jika dibandingkan dengan memasang iklan di media konvensional seperti koran atau billboard. Bahkan Anda sudah bisa memasang iklan di mesin pencari hanya dengan bujet sebesar puluhan ribu rupiah.
  • Apa Manfaatnya Jika Anda Menerapkan SEM:

    Mendapatkan konsumen Baru
  • SEM memastikan website Anda tampil di tempat yang tepat. Selain itu, SEM juga bekerja cepat dengan cara mentarget pengunjung yang sudah tertarik dengan produk ataupun jasa yang Anda tawarkan.
    Penggunaannya mudah dikontrol dan disesuaikan dengan biaya dan jangka waktu yang ditentukan.
  • Pencapaian Target Yang Lebih Mudah
  • SEM berfokus kepada target pemasaran. Perbedaan target yang lebih relevan dan spesifik akan membuat produk atau website lebih mudah dipromosikan. Kualitas traffic pun akan meningkat dan memberikan peluang keuntungan yang berlipat. Selain itu, cakupan pelanggan juga akan lebih luas sehingga tidak hanya terfokus pada satu titik, tetapi ke berbagai lokasi lainnya.
  • Tidak membutuhkan biaya terlalu tinggi
  • Ya, SEM memang mengharuskan Anda untuk membayar iklan agar bisa terpasang di hasil pencarian Google atau mesin pencarian online lain.
    Namun, jumlahnya relatif terjangkau jika dibandingkan dengan memasang iklan di media konvensional seperti koran atau billboard. Bahkan Anda sudah bisa memasang iklan di mesin pencari hanya dengan bujet sebesar puluhan ribu rupiah.
  • Pengontrolan bisa dilakukan secara menyeluruh
  • SEM bertugas sebagai sarana promosi yang memungkinkan kesempatan bagi Anda untuk mengontrol, mulai dari timeline, biaya hingga hasil yang ingin diraih. Pengontrolan juga dapat dilakukan pada pemilihan jenis iklan dan keyword yang sesuai. Tujuannya adalah agar produk atau website dapat dipromosikan dengan lebih mudah dan optimal.
    Tujuannya adalah agar produk atau website dapat dipromosikan dengan lebih mudah dan optimal. Percakapan yang meningkat karena SEM memiliki target pemasaran dengan pengunjung yang relevan. Sehingga tingkat konversi search marketing juga akan meningkat.

  • Mungkin sampai disini dulu yah, semoga bisa bermanfaat.

    Genara Code
    Genara Code Tidak ada ruginya menghabiskan waktu dan uang, hanya untuk melakukan sesuatu yang bersifat HOBI.

    Post a Comment for "Apa Itu SEO dan Manfaatnya Apa"