Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Apa itu SEM dan Apa Manfaatnya

Pada kesempatan kali ini,Genara code akan menjelaskan beberapa hal tentang SEM. Sesuai dengan Subtitle pada artikel ini yaitu Apa sih SEM dan Apa manfaatnya? Sebelum melangkah lebih jauh, mari kita ketahui dahulu singkatannya SEM yaitu Search Engine Marketing.

Dari singkatan kata tersebut, sudah ada gambaran bahwa SEM itu adalah strategi digital marketing yang digunakan untuk meningkatkan hasil baik pada mesin pencarian ( SERPs ) seprti yang sudah kita ketahui bahwa mesin pencarian terbesar salah satunya adalah Google, Yahoo, dan Bing.

Search Engine Marketing dikenal sebagai strategi marketing yang bisa dibilang atau dikenal sebagai pencarian berbayar ( Paid Search ), klik berbayar ( PPC ) atau iklan pencarian berbayar ( Paid Search Adversiting ) . Ada beberapa istilah yang terkait dengan SEM, yaitu ;

  • Paid Search Ads
  • Paid Search Advertising
  • PPC (Pay Per Click)
  • CPC (Cost Per Click)
  • CPM (Cost Per Impression)
Jika anda masih belum bisa memahami apa itu SEM dan Apa sih Manfaatnya SEM untuk bisnis kita atau perusahaan anda. Search Engine Marketing merupakan pemasaran digital melalui internet dengan kegiatan promosi website bisnis, company profile, produk dan lainnya agar meningkat visibilitas website tersebut di halaman utama atau yang sering disebut PageOne.

Search Engine Marketing Selain mengoptimalkan untuk mesin telusur, SEM juga menyertakan penggunaan penelusuran berbayar sebagai komponen utamanya. Beberapa contohnya seperti daftar bayar per klik atau Pay Per Click (PPC) dan iklan semacam Google Ads. Jadi sebagian besar berbentuk kampanye (iklan) dan kegiatan PPC. Jika Anda melakukan SEO, maka hal tersebut juga termasuk upaya SEM. 
Pada dasarnya SEO dan SEM tidak memiliki perbedaan yang mendasar dan detail, Jika SEO hanya mengandalkan keywords agar website Anda dapat dijangkau oleh pengguna mesin pencari, maka SEM bertugas untuk memaksimalkan kinerja SEO agar  tercapainya tujuan pemasaran bisnis Anda.

Pentingnya Search Engine Marketing Seiring bertambahnya jumlah pelanggan dalam belanja produk online, Search  Engine Marketing menjadi strategi pemasaran online yang krusial dan penting untuk mencapai  tujuan bisnis atau perusahaan. Search Engine Marketing berguna meningkatkan traffic pengunjung agar melihat website atau iklan anda.

SEM juga memiliki sejumlah keuntungan yang bisa Anda rasakan.

Berikut Keuntungan Yang Bisa Anda Rasakan:

Meningkatkan Brand Awareness
  • Meskipun SEM sebetulnya adalah pemasangan iklan, namun Anda jangan putus asa, bahwa google sendiri menyatakan bahwa iklan di mesin pencarian dapat membantu meningkatkan brand awareness hingga 80%. Dan Brand Anda pun akan lebih dikenal dan diingat. Karena iklan anda juga bisa muncul di berbagai website dan aplikasi yang bekerja sama dengan google.
  • Meningkatkan Konversi
  • Sebenarnya, tujuan utama dari menerapkan digital marketing adalah untuk menghasilkan penjualan.
    SEM bisa membantu anda mewujudkan hal tersebut.
  • Tidak membutuhkan biaya terlalu tinggi
  • Ya, SEM memang mengharuskan Anda untuk membayar iklan agar bisa terpasang di hasil pencarian Google atau mesin pencarian online lain.
    Namun, jumlahnya relatif terjangkau jika dibandingkan dengan memasang iklan di media konvensional seperti koran atau billboard. Bahkan Anda sudah bisa memasang iklan di mesin pencari hanya dengan bujet sebesar puluhan ribu rupiah.

  • Apa Manfaatnya Jika Anda Menerapkan SEM:

    Mendapatkan konsumen Baru
  • SEM memastikan website Anda tampil di tempat yang tepat. Selain itu, SEM juga bekerja cepat dengan cara mentarget pengunjung yang sudah tertarik dengan produk ataupun jasa yang Anda tawarkan.
    Penggunaannya mudah dikontrol dan disesuaikan dengan biaya dan jangka waktu yang ditentukan.
  • Pencapaian Target Yang Lebih Mudah
  • SEM berfokus kepada target pemasaran. Perbedaan target yang lebih relevan dan spesifik akan membuat produk atau website lebih mudah dipromosikan. Kualitas traffic pun akan meningkat dan memberikan peluang keuntungan yang berlipat. Selain itu, cakupan pelanggan juga akan lebih luas sehingga tidak hanya terfokus pada satu titik, tetapi ke berbagai lokasi lainnya.
  • Tidak membutuhkan biaya terlalu tinggi
  • Ya, SEM memang mengharuskan Anda untuk membayar iklan agar bisa terpasang di hasil pencarian Google atau mesin pencarian online lain.
    Namun, jumlahnya relatif terjangkau jika dibandingkan dengan memasang iklan di media konvensional seperti koran atau billboard. Bahkan Anda sudah bisa memasang iklan di mesin pencari hanya dengan bujet sebesar puluhan ribu rupiah.
  • Pengontrolan bisa dilakukan secara menyeluruh
  • SEM bertugas sebagai sarana promosi yang memungkinkan kesempatan bagi Anda untuk mengontrol, mulai dari timeline, biaya hingga hasil yang ingin diraih. Pengontrolan juga dapat dilakukan pada pemilihan jenis iklan dan keyword yang sesuai. Tujuannya adalah agar produk atau website dapat dipromosikan dengan lebih mudah dan optimal.
    Tujuannya adalah agar produk atau website dapat dipromosikan dengan lebih mudah dan optimal. Percakapan yang meningkat karena SEM memiliki target pemasaran dengan pengunjung yang relevan. Sehingga tingkat konversi search marketing juga akan meningkat.

  • Mungkin sampai disini dulu yah, untuk penjelasan tentang Apa Itu SEM dan Manfaatnya SEM. Semoba bisa memberikan pengetahuan baik.

    Terima kasih.
          Genara Code
          Genara Code Tidak ada ruginya menghabiskan waktu dan uang, hanya untuk melakukan sesuatu yang bersifat HOBI.

          Post a Comment for "Apa itu SEM dan Apa Manfaatnya"