Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Struktur Dasar HTML5

Struktur Dasar HTML adalah rangka awal untuk membangun sebuah halaman website atau bisa disebut dengan kerangka dasar atau pondasi awal untuk membangun sebuah rumah.


Pada halaman HTML, memiliki struktur dasar yang terdiri dari : Tag DTD atau DOCTYPE yang menentukan jenis atau type dokument, tag html yang berfungsi untuk membuat sebuah dokumen HTML, tag title yang berfungsi untuk membuat judul dari sebuah halaman, tag head berfungsi sebagai kepala dari dokument HTML, dan tag body berfungsi untuk menampilkan isi dokument HTML. 

Coba lihat struktur tag html dibawah ini :
<!DOCTYPE html>
  <html>
  <head>
    <title>INI ADALAH STRUKTUR DASAR HTML5</title>
  </head>
<body>
   <p>ISI</p>
</body>
</html>
PENJELASAN LENGKAPNYA :
Tag paling awal dari contoh struktur dasar HTML diatas adalah DTD atau DOCTYPE. DTD ialah singkatan dari Document Type Declaration, Yang berfungsi untuk memberi tahu kepada web browser bahwa dokumen yang akan diproses adalah HTML.

DTD memiliki banyak versi tergantung kepada versi HTML yang digunakan. Pada contoh diatas, saya menggunakan DTD versi HTML 5. Sebelum HTML 5, DTD terdiri dari text panjang yang hampir mustahil dihafal. Contohnya, DTD untuk xHTML 1.0 adalah seperti dibawah ini :
<!DOCTYPE html PUBLIC "-//W3C//DTD XHTML 1.0 Strict//EN" 
"http://www.w3.org/TR/xhtml1/DTD/xhtml1-strict.dtd">
Sebenarnya, Jika Anda tidak menuliskan DTD pun web browser tetap akan menampilkan dan memproses halaman web Anda seperti tidak terjadi apa-apa. Tapi browser sebenarnya menjalankan halaman HTML tersebut pada mode khusus yang disebut quirk mode. Anda bisa baca penjelasan lengkapnya pada artikel genara code yang berjudul Apa itu Quirk Mode?

Ketika DTD tidak ditemuka, halaman tersebut kemungkinan besar merupakan halaman web usang atau versi lama. Agar halaman Anda ini tetap tampil dengan baik dan terkini, web browser perlu menggunakan aturan-aturan yang berbeda, yakni: quirk mode.

Tag <html>
Ini adalah tag pembuka dari keseluruhan halaman web. Semua kode HTML harus berada di dalam tag ini. Tag html dimulai dengan <html> dan diakhiri dengan </html>

Tag <head>
Elemen pada tag <head> umumnya akan berisi berbagai definisi halaman, seperti kode CSS, JavaScript, dan kode-kode lainnya yang tidak tampil di browser.

Tag <title> 
Digunakan untuk menampilkan title dari sebuah halaman web. Title ini biasanya ditampilkan pada bagian paling atas web browser. Contohnya pada tampilan halaman.html, ‘Genara Code’ akan ditampilkan pada tab browser.

Tag <body>
Tag <body> ini sebagian besar digunakan untuk perancangan web, mungkin Anda akan menghabiskan waktu banyak di dalam tag <body> ini.

Yang harus Anda perhatikan bahwa setiap tag harus diakhiri dengan penutup tag. Termasuk juga tag <html> yang merupakan tag paling awal dari sebuah halaman web.

Stuktur HTML yang Genara Code bahas pada artikel ini merupakan struktur yang sangat sederhana sekali. Untuk membuat sebuah halaman web, bisa memiliki ratusan kode bahkan ribuan baris, yang ditulis dengan berbagai tag HTML. 

Baiklah, sampai disini dulu yah untuk pembahasan pada artikel ini. Semoga bisa bermanfaat.

Terima kasih.


Genara Code
Genara Code Tidak ada ruginya menghabiskan waktu dan uang, hanya untuk melakukan sesuatu yang bersifat HOBI.

Post a Comment for "Struktur Dasar HTML5"