Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Apa itu Quirk mode

Quirk Mode ialah Web lama yang biasanya tidak ada tag doctype, jadi browser bisa menganggap situs yang tidak ada doctype itu menggunakan CSS versi standar lama, atau istilah kerennya quirks mode


Sedangkan developer Web jika ingin menulis CSS yang sesuai standar, cukup menulis doctype saja di file HTML, sehingga browser bisa mengetahui bahwa situs tersebut harus ditampilkan sesuai standar W3C, yang dikenal dengan istilah strict mode (atau standard mode). 

Jika ada doctype yang tidak dimengerti browser, maka browser tetap akan menganggapnya sebagai strict mode. Dulu, di masa-masa perang browser pertama antara IE dan Netscape, standar CSS bisa dibilang tidak ada yang menghiraukannya. 

Setiap browser mengartikan syntax CSS sesuai standar mereka sendiri. Dalam soal kompabilitas dengan standar Web W3C, Netscape 4 paling parah, sedangkan IE4 masih cukup mendekati standar. 

Pada zaman itu, seorang developer Web harus memilih apakah Web-nya ingin tampil sempurna di Netscape atau IE !! Makanya terkadang harus memasang tulisan best view (misalnya best view on IE) di situs bersangkutan. 

Seiring perkembangan zaman, para vendor browser-browser mulai merasa pentingnya untuk mengikuti standar W3C. Tetapi, mereka menghadapi satu kendala besar . Apa itu kendalanya? 
Jika mereka membuat browser yang mengikuti standar, mungkin akan ada jutaan Web yang sudah ada semenjak dulu akan rusak dan hancur gara-gara sintaks CSS-nya yang tidak sesuai standar. 

Quirk mode sendiri adalah ditujukan untuk situs-situs lama yang tidak mengikuti HTML versi terbaru yaitu htm5. Jadi secara logis, hari ini kita tidak akan pernah ingin menulis HTML quirk mode. 
Jadi, bagi programmer front-end menulis doctype di atas file HTML sudah menjadi keharusan. Jika tidak, tampilan situs Anda bisa menjadi aneh, padahal sintaks CSS sudah benar.

Bagaimana apakah Anda cukup paham dengan pembahasan diatas?
Perlu Anda ketahui juga bahwa banyak sekali bahasa-bahasa pemograman di era digital ini, bahkan bisa dibilang serba digital. Untuk itu, jika Anda tidak mengikuti, maka Anda akan ketinggalan.

Baiklah, yuk mari kita terus belajar dan belajar untuk menuju sesuatu titik terang yang dimana kita disana bisa santai. 

Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan jangan lupa selalu berbuat baik dan berbagi informasi.

Terima kasih.
Genara Code
Genara Code Tidak ada ruginya menghabiskan waktu dan uang, hanya untuk melakukan sesuatu yang bersifat HOBI.

3 comments for "Apa itu Quirk mode "