Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

G Suite Berubah Nama Menjadi Google Workspace

Google telah memutuskan melakukan perubahan merek untuk G Suite menjadi Google Workspace sebagai bagian dari upaya untuk mengkonsolidasi alat produktivitas ruang kerja dan menyelaraskan rangkaian software karyanya dengan era kerja jarak jauh dan kolaborasi virtual baru. Google menyebut bahwa lebih dari 2,6 miliar konsumen yang telah menggunakan Google Workspace sebagai pelanggan bulanan.
Perubahan merek ini ditujukan Google sebagai upaya untuk mengukuhkan pijakannya pada ranah kantor virtual, dan Workspace juga ditujukan untuk memperkenalkan fitur baru yang dirancang guna meningkatkan kolaborasi, produktivitas, dan hubungan manusia di seluruh pegawai yang dipindahkan.
 
Pada Workspace, Google juga menghadirkan Gmail, Meet, dan Chat dalam antarmuka yang bersatu. Dengan demikian, pengguna dapat meluncurkan chat video picture-in-picture sembari berkolaborasi di Doc, Sheet atau Slide, serta menciptakan dan mengedit dokumen dari ruang Chat tanpa perlu beralih dari satu tab ke tab lain.

Google tidak hanya melakukan perubahan besar untuk produk G Suite miliknya! Perubahan juga dialami aplikasi lain seperti Gmail, Google Docs, Meets, Sheets, hingga Calendar.

Berbagai fitur baru juga diberikan Google pada aplikasi-aplikasinya ini. Selain itu, Google juga menaikkan harga berlangganan aplikasinya dengan menambah satu tingkat langganan baru, “Business Plus” dengan menawarkan fitur-fitur eksklusif. Salah satu fitur baru yang diberikan Google adalah memberikan pilihan video call pada halaman Google Docs. Jadi, ketika beberapa pengguna membuka Docs dalam waktu bersamaan, fitur video call akan memudahkan proses pengerjaan. 

Tidak hanya itu, Google juga akan memberikan fitur “Smart Chips”. Fitur ini akan menggunakan kartu kontak yang akan muncul ketika pengguna melakukan mention menggunakan tanda ‘@’ sebagaimana sering ditemukan di media sosial. Perlu dipahami juga bahwa segala fitur baru ini berfokus pada pengguna desktop. 

Beberapa aplikasi Google Workplace tersedia lewat browser Google Chrome dan browser lainnya. Satu perubahan lain yang paling terasa adalah perubahan ikon dari Google Workplace. Pengguna mungkin bisa menunggu rilis logo baru dari Gmail, Calendar, dan aplikasi lainnya dari Google untuk mendukung pembaruan besar ini.

Anda juga bisa melihat fitur-fitur yang ada pada Google Workspace dan paket edisi Google Workspace yang sangat lengkap dengan harga yang variatif.

Mungkin sampai disini dulu pembahasan pada artikel ini. Semoga bisa bermanfaat.

Genara Code
Genara Code Tidak ada ruginya menghabiskan waktu dan uang, hanya untuk melakukan sesuatu yang bersifat HOBI.

Post a Comment for "G Suite Berubah Nama Menjadi Google Workspace"