Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Fitur dan Edisi Paket Google Workspace


Google Workspace merupakan pengembangan dari G Suite yang mana memiliki integrasi yang lebih mendalam dan dilaksanakan realtime kepada seluruh tim yang tergabung dalam suatu proyek maupun rapat. Pada artkel sebelumnya Genara code sudah membahas secara detail tentang G suite merubah nama menjadi Google Workspace . Anda bisa merasakan perubahan besar pada Google bahwa Fictur-fictur yang ada pada Google Workspace diantaranya :

Gmail
Gmail merupakan produk Google yang sudah lama ada dan menangani tentang pengiriman email. Kegunaannya kini tidak hanya sebatas untuk mengirimkan email saja, karena dilengkapi bermacam-macam fitur. Misalkan saja chatting, memberikan pesan suara, maupun memanggil dengan video. Proses pengerjaan proyek dan berbagi file bisa juga dilakukan menggunakan Gmail. Bahkan, admin akan bisa membuat email dengan basis nama @namaperusahaan. Dapat juga membuat grup khusus berdasarkan divisi, seperti sales@namaperusahaan.

Google Meet
Aplikasi lain yang ada dalam Google Workspace adalah Google Meet. Semua anggota yang tergabung dalam suatu bisnis maupun perusahaan akan bisa melaksanakan video meeting. Ini bisa sangat membantu tim Anda untuk tetap terhubung dalam suatu video konferensi yang aman.
Fitur yang satu ini ada pada paket Google Workspace, Google Workspace Essentials, dan G Suite untuk pendidikan. Setiap video akan mengalami enkripsi pada saat transit, sehingga membuat privasi terjaga secara aman dari berbagai penyalahgunaan video.

Google Chat
Apabila pekerjaan atau proyek yang akan diperbincangkan tidak perlu melalui sebuah rapat virtual, maka bisa dilakukan dengan membuat suatu grup chatting. Salah satu aplikasi yang terdapat dalam Google Workspace berkaitan chatting dalam grup adalah Google Chat. Ini juga dapat dimanfaatkan untuk menjalin komunikasi antar individu karyawan.
Setiap pembicaraan yang ada di dalamnya akan diamankan. Pada Google Chat juga memungkinkan pengguna untuk berbagi file maupun tugas. Fitur ini dijamin dapat membantu proses kolaborasi antar individu maupun tim berjalan lebih baik.

Kalender
Setiap orang yang bekerja pasti memiliki kesibukan pada jadwal yang berbeda. Penting untuk mencatat seluruh kegiatan tersebut dalam platform yang tidak mudah terhapus, seperti kalender yang ada dalam Google Workspace. Ini akan memudahkan Anda dalam melakukan integrasi secara online dengan karyawan maupun tim lainnya.
Anda tidak perlu susah payah mengingat kapan harus melakukan suatu kegiatan. Fitur penjadwalan ini juga bisa penggunanya bagikan kepada karyawan lain yang dikehendaki. Kalender ini sudah terintegrasi dengan fitur lainnya, seperti Gmail, Drive, Kontak, Penelusuran situs, dan juga Google Meet.

Drive
Melakukan kolaborasi secara online hanya bisa terwujud secara efisien ketika ada platform yang memungkinkan proses kerjasama tersebut. Setiap karyawan yang berkolaborasi perlu untuk bisa mengakses data secara realtime dan tanpa perlu meminta ijin terlebih dahulu yang bisa panjang prosesnya.
Drive ciptaan Google yang ada pada Google Workspace membuat penggunanya mampu menyimpan, mengakses, dan berbagi file dalam satu sumber. Ini akan memudahkan anggota yang tergabung dalam suatu tim saat perlu mengakses file maupun informasi kapan saja dan dari mana saja. Bahkan seluruh proses tersebut dapat diselesaikan melalui smartphone.

Currents
Aplikasi lain yang juga terdapat dalam produk Google yang satu ini adalah melibatkan karyawan, melakukan diskusi bersama, dan tetap membahas satu topik yang sama. Adakalanya rapat yang dilakukan secara konvensional bertemu dalam suatu ruangan itu cenderung menghabiskan banyak waktu.

Adakalanya pembahasan akan menjadi tidak fokus pada suatu topik. Padahal Anda juga menyadari bahwa waktu adalah uang dan tidak dapat dikembalikan. Dalam rangka meningkatkan produktivitas pada suatu komunitas seringkali harus bisa membahas topik terfokus. Membuat seluruh anggota rapat berpikir dalam suatu topik, sudah pasti akan semakin mempercepat penyelesaian suatu permasalahan.

Docs
Hampir lebih dari 50% masyarakat yang ada di seluruh dunia menggunakan Ms. Word. Demi memudahkan proses integrasi secara tim, maka Google juga memiliki produk bernama Docs. Siapa saja dapat menggunakan Docs untuk membuat dan mengedit teks dokumen melalui browser.

Sudah tidak lagi memerlukan software tambahan guna melakukan kegiatan tersebut. Bahkan Docs memungkinkan banyak orang sekaligus dalam melakukan pengubahan terhadap informasi di dalamnya.

Ada pun untuk paket Edisi pada Google Workspace Sebagai berikut:

Business Starter
  • Email bisnis khusus yang aman
  • Rapat video berkapasitas 100 peserta
  • Penyimpanan cloud sebesar 30 GB per pengguna
  • Kontrol keamanan dan pengelolaan
  • Dukungan Standar
Business Standard
  • Email bisnis khusus yang aman
  • Rapat video berkapasitas 150 peserta + perekaman
  • Penyimpanan cloud sebesar 2 TB per pengguna
  • Kontrol keamanan dan pengelolaan
  • Dukungan standar (upgrade ke dukungan yang disempurnakan)

Business Plus
  • Email bisnis khusus yang aman + eDiscovery, retensi
  • Rapat video berkapasitas 250 peserta + perekaman, pelacakan kehadiran
  • Penyimpanan cloud sebesar 5 TB per pengguna
  • Kontrol keamanan dan pengelolaan yang disempurnakan, termasuk Vault dan pengelolaan endpoint lanjutan
  • Dukungan standar (upgrade ke dukungan yang disempurnakan)

Enterprise
  • Email bisnis khusus yang aman + eDiscovery, retensi, enkripsi S/MIME
  • Rapat video berkapasitas 250 peserta + perekaman, pelacakan kehadiran, pengurang derau, live streaming dalam domain
  • Penyimpanan sebanyak yang dibutuhkan
  • Kontrol keamanan, pengelolaan, dan kepatuhan tingkat lanjut, termasuk Vault, DLP, region data, dan pengelolaan endpoint perusahaan
  • Dukungan premium

Semoga bermanfaat.
Genara Code
Genara Code Tidak ada ruginya menghabiskan waktu dan uang, hanya untuk melakukan sesuatu yang bersifat HOBI.

Post a Comment for "Fitur dan Edisi Paket Google Workspace"